Subscribe Us

Responsive Advertisement

Advertisement

JURNAL


Selama ini mengelola jurnal dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa. Bagaimana tidak. Nama terpampang di jagat maya, sering rapat, mengikuti workshop, hingga diundang pimpinan lembaga.
Barangkali ini kilse. Karena mengelola jurnal mengandung dan mengundang perubahan. Dan pada saat yang sama, harus rela duduk, diam, sembari membangun sesuatu; sebuah struktur dari kata dan frasa.
Begitu juga penulisan naskah: ia bernilai karena ia mengandung kepuasan. Ini adalah passion yang tak bisa diberi bentuk dan tak mati. Meski kadang kita lupa akan diri sendiri. Itu sebabnya tak jarang tersemat lakon “ORIGINAL” (Orang Gila Jurnal).
Sejarah di balik “Original” yang sekan rapi itu tak semua tau. Ia punya substansi yang disebut “gila”. Kata itu menunjukkan sebuah aksi; sebuah keadaan. “Gila” menyiratkan sebuah cara pandang yang ada dalam proses hidup.

*Gambar diambil pada acara workshop Indeksasi Jurnal pada Lembaga Pengindeks Beteputasi Internasional. Acara ini dihadiri oleh narasumber dari Australia, Prof. Karen Soldatic dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Muhammad Nida Fadlan


Post a Comment

1 Comments

  1. Saya juga ingin belajar membuat artikel jurnal. Hehe...

    ReplyDelete

FAHRUDDIN FAIZ